Kamis, 18 Maret 2010

sejarah merpati putih


MERPATI PUTIH merupakan kependekan dari 2 kalimat berbahasa jawa yang mempunyai arti yang sangat dalam yaitu:
1. Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening
2. Manunggalno Estining Roso Pikiran Ati Tumuju Ing Pangeran Udinen Tataran Ingkang Hagung

Jika diartikan dalam bahasa indonesia akan bermakna sangat luas, sedangkan untuk pengertian secara ringkas berarti:
1. Mencari tindakan yang paling tepat dalam keheningan
2. Menyatukan Cipta Karsa Rasa Pikiran dan Hati Kepada ALLAH SWT. untuk Mencapai Kemuliaan

Pada awal tahun 1960-an penetrasi beladiri asing menyerbu negara ini. Sehingga banyak bermunculan berbagai macam organisasi beladiri asing di bumi nusantara ini. Merasa prihatin atas kondisi ini membuat Pak Saring Hadipurnomo yang masih termasuk keluarga keraton yogyakarta, tergerak hatinya untuk melestarikan budaya seni beladiri asli nusantara. Maka beliau berusaha mendirikan PPS Betako Merpati Putih. Seni Beladiri PPS Betako Merpati Putih berasal dari ilmu keluarga yang berakar dari Prabu Amangkurat III. Ilmu turun temurun hingga kepada beliau dan di lanjutkan kepada kedua anaknya yaitu Mas Pung dan Mas Budi. Beliau ingin menunjukkan pada dunia bahwa ilmu beladiri budaya asli nusantara tidak kalah hebatnya dengan beladiri asing, bahkan pada kenyataanya lebih unggul dari segi keilmuan dan kekeluargaan. Pada tahun 1962 di dirikanlah Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong [PPS Betako] Merpati Putih di kota Yogyakarta. Kemudian dengan pesat berkembang meluas ke seluruh penjuru tanah air. Bahkan menjadi salah satu beladiri wajib di beberapa instansi kemiliteran di tubuh TNI.
Perkembangan Merpati Putih ternyata sesuai dengan harapan, menyebar dan berkembang dengan pesat ke seluruh penjuru tanah air, termasuk di Kota Malang. Pada tahun 1987 tergerak hati para perintis MP-Unibraw untuk mendirikan organisasi kampus dalam bidang beladiri. Sehingga pada awal tahun 1987 terbentuk PPS Betako Merpati Putih Kolat Universitas Brawijaya, yang menjadi kolat pertama di Kota Malang, sementara di Kabupaten Malang telah ada kolat donomulyo yg merupakan kolat kedua setelah Cabang Madiun. Pada masa awal berdiri Kolat Unibraw mendapat naungan dan kepelatihan dari Cabang Surabaya karena pada saat itu belum terbentuk Cabang Malang.
Kolat PPS Betako Merpati Putih Universitas Brawijaya akhirnya menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang secara resmi menempati Sekretariat Bersama yang beralamat di:

Sekretariat Bersama UKM Unibraw
Jl. MT. Haryono 169 Kav. 8 Malang, Tlp 0341-588640

Alamat web-site:
http://mp.brawijaya.ac.id
http://www.merpatiputih.tk

Home "Kuda-kuda" "Sodokan" Foto "Srimpet" "Sautan" Berita "Potongan" Ketua "Gamparan" Official Site

Tidak ada komentar:

Posting Komentar